Selasa, 28 September 2010

Mencegah Pengaruh Buruk Internet Bagi Anak-Anak


Jaman sekarang orang tidak bisa hidup tanpa internet, apapun yang Anda ingin ketahui, lihat, dan lakukan, bisa didapat dari internet. Internet bekerja dalam jaringan global, sehingga segala informasi mulai dari hiburan sampai hotnews ada di dalam internet. Bahkan sebagaian orang menganggap internet menjadi salah satu sumber pengetahuan yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga. Namun, internet juga bisa membuat orang menjadi pecandu, yakni terhanyut dalam dunia maya selama berjam-jam, bahkan berhari-hari. Lebih bahayanya lagi, banyak anak-anak remaja maupun pra-remaja masa kini, ang kecanduan internet, masih mending kalau yang di browse hal-hal berguna, kalau hal-hal yang tidak baik?
Contohnya di bulan November tahun lalu, seorang remaja putri berusia 13 tahun asal Missouri bernama Megan Meier gantung diri karena menerima surat putus cinta via situs Myspace. Kalau dipikir, cukup seram juga pengaruh internet kepada anak-anak dan remaja jika tidak dikontrol para orang tua. Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melindungi anak-anak dari pengaruh buruk internet dan menjadikan mereka lebih bertanggungjawab dalam menggunakan internet.Cari tahu dan pelajari tentang parental controls dan cara mem-filter software.
·  Gunakan mesin pencari bagi anak-anak, misalnya Yahoo! Kids (www.yahookids.com) dan Ask for Kids (www.askforkids.com).
·  Ajarkan anak Anda untuk memberikan informasi pribadi di online seperti nomor telepon dan alamat rumah.
·  Sesekali, tanya anak Anda untuk menunjukkan profil online mereka di situs-situs sosial, kalau perlu baca jurnal atau blog mereka jika ada.
·  Beri tahu anak Anda untuk tidak menunjukkan profil online mereka kepada publik, jika perlu suruh mereka untuk mengeset kedalam privacy settings. Sekedar Anda tahu bahwa informasi-informasi seperti foto, nickname, umur, dan lokasi masih bisa dilihat seluruh pemilik profil online situs sosial tersebut bahkan publik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar