Senin, 18 Oktober 2010

Manfaat Dongen Untuk Anak-anak


 Banyak manfaat positif dari kegiatan mendongeng, di sarankan orangtua untuk sering mendongeng kepada anak-anaknya sebelum tidur. Saat tidur, anak membayangkan khayalan itu yang berisi pesan moral positif. Banyak tema yang di ambil untuk dijadikan dongeng anak-anak. Tidak hanya dari Negara lain, tapi Indonesia juga kaya akan tema untuk dijadikan dongeng anak-anak.
’’
Buku 10 kisah dongeng untuk Anak Indonesia mengangkat cerita berlatar belakang alam, budaya dan daerah Indonesia…
            Saying anak-anak di perkotaan, cenderung meninggalkan dongeng asli Indonesia, dan lebih mengenal cerita doraemon, Barbie, atau pinokia, ketimbang timunmas, sih kancil, bawang merah bawang putih.
“siapa yang tau di mana pulau Kalimantan, pulau jawa, atau pulau sumatera. Kalau belum pernah ke tempat di pulau-pulau tersebut, bisa tau dari baca buku dulu. Minta di dongengkan oleh ibu atau bapaknya. Dongeng adalah hak anak,” kata aktivis pemberdayaan perempuan dan anak, Dewi Huges, saat louncing buku dongeng untuk anak Indonesia dari KFC.
Pengarang buku Vanda Yulianti mengatakan, buku 10 kisah dongeng untuk anak Indonesia mengangkat cerita berlatar belakang alam, budaya, dan daerah Indonesia. Anak-anak bisa berimajinasi dan menyimpan kisah-kisah itu dari daerah di Indonesia tempat di mana anak-anak berpijak, dan Negara tempat dimana anak-anak di lahirkan dan dibesarkan.
Ketua Dewan Konsultantatif Nasional Komnas Perlindungan anak Seto Mulyadi memberikan apresiasi kepada perusahaan makan siap saji, Kentucky Fried Chiken, yang mau meluncurkan buku dongeng yang di tunjukkan untuk anak-anak. Dengan memperbanyak buku dongeng khas dari Indonesia, di harapkan anak-anak akan mengerti mengenai wilayah serta kisah dari Indonesia.
“Tanggungjawab tidak hanya pemerintah tapi juga dari dunia usaha. Dan KFC mau memperoduksi buku dongeng ini,” kata psikolog dan pemerhati anak yang biasa disapa Kak Seto itu.
   
                                                                                                                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar